Minggu, 31 Oktober 2010

UG Community, a forum of Gunadarma University's student

halo bloggers, mau posting lagi nih, kali ini topiknya tentang salah satu fasilitas site yang ada di gunadarma yaitu UG Community, alamatnya berada di http://community.gunadarma.ac.id.

UG Community adalah forum atau discussion groups yang ditujukan bagi mahasiswa, staff, maupun dosen dan alumni Universitas Gunadarma yang dibentuk karena adanya kesamaan identitas, ingin berbagi, peduli dan partisipasi serta adanya minat yang sama, baik itu mahasiswa, staff, dosen dan juga alumni kita dapat berbagi informasi. Forum ini juga berfungsi sebagai tempat menjalin solidaritas dengan sesama mahasiswa, alumni, maupun dengan dosen. Ada banyak kategori atau subforum dalam UG Community ini, namun disini saya akan menjelaskan inti dari subforumnya aja yah^^, kalo penasaran bisa meluncur ke TKP dan liat-liat sendiri :D, ini dia subforumnya:
1. All About UG
Disini berisi semua hal yang berhubungan dengan Universitas Gunadarma dalam konteks umum, seperti lounge, sejarah UG di masa lampau, keadaan UG di masa sekarang, dan harapan UG di masa depan yang pasti akan jadi Universitas yang terbaik di Indonesia, kalau perlu di Dunia. (Amiin..)
2. Karir & Alumni
Disini biasanya membahas tentang karir yang akan ditekuni setelah lulus dari Universitas Gunadarma, biasanya yang bertanya adalah maba (mahasiswa baru) dan yang menjawab adalah alumni, disini juga terdapat informasi lowongan pekerjaan bagi alumni.
3. All About Academic
Disini membahas seputar Akademis seperti info tentang perkuliahan, PI (Penulisan Ilmiah) dan jadwal skripsi
4. All About Economics
Sepertinya disini dunianya mahasiswa FE (Fakultas Ekonomi) yang isinya berkaitan dengan bidang Ekonomi.
5. Information and Communication Technology (ICT)
Nah disini baru rumah bagi mahasiswa TI seperti saya :p, isinya tentang dunia komputer dan seluk beluknya, mulai dari Programming sampai Hacking ada semuanya disini, saya sendiri suka jalan-jalan disini mencari referensi tugas.. :D
6. Mechanical Engineering
Disini adalah markas dari mahasiswa teknik mesin, yah isinya ya seputar dunia otomotif dan kawan-kawannya.
7. All About NON-IT
disini berisi hal-hal di luar bidang IT seperti ekonomi, psikologi, mesin, dan tempat curhat hehe..
8. All About Psychology
Ini nih rumah anak Psikologi dan jenis-jenisnya, bisa curhat juga disini di bagian Konsultasi Pribadi.
9. Entertainment & Hobby
Disini membahas seputar dunia diluar perkuliahan, ya jadi membahas tentang games, musik, film, dan berbagai macam jenis hobby lainnya seperti fotografi.
10. Seputar Kita
Subforum ini berisi tentang bahasan mengenai dunia kampus, perkotaan, dan lingkungan.
11. All About Architectural & Civil Engineering
Ini adalah tempat bagi mahasiswa teknik sipil dan arsitektur, isinya berupa teknik sipil dan ICT, transportasi, desain arsitektur dll.
12. Lain-lain
hmm, sepertinya disini adalah tempat bagi para moderator (orang yang mengatur forum) untuk berdiskusi, membahas permasalahan pada forum, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan forum kita tercinta ini.
13.All About Health
Disini adalah rumah bagi Fakultas yang terbilang masih baru di Universitas Gunadarma yakni Fakultas Kebidanan, walaupun terbilang baru, jumlah pengunjung subforum ini masih terbilang ramai lho.. ^^ disini juga membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.
Disini juga ada UGTube dan UGRadio yaitu:
UGTube: sarana multimedia video yang memungkinkan anggota untuk menshare video-video mereka yang kemudian dapat ditampilkan dan dilihat oleh semua anggota.
UGRadio: sarana radio milik Gunadarma, yah fungsinya sebagai sarana entertainment, agar mahasiswa tidak bosan apabila jalan-jalan di site Gunadarma hehe..


Well sebagai review saya akan memberikan sedikit komentar mengenai UG Community ini:
Kelebihan:
- Forum dan Sub-Forum sudah tertata dengan baik.
- Moderator cukup aktif dalam mengurus forum (kasih jempol deh buat momodnya^^9)
- Keren! ada UGTube, kita bisa berbagi video dengan sesama anggota, buffernya kenceng juga ^.^
Kekurangan:
- Menurut saya, tampilan webnya masih terkesan agak kaku ^^" (web designernya tolong di update lagi ya tampilannya)

Simpulan:
Overall, semuanya serasa sempurna sih (walaupun gak ada yg sempurna hehe), untuk sebuah Forum, UG Community patut diperhitungkan sebagai website yang wajib masuk Bookmark :D, banyak info-info menarik yang dapat diperoleh dari sini, anggota-anggotanya pun sangat bersahabat dan tidak mempermasalahkan senioritas, artinya siapa saja boleh bergabung disini, menjadi anggota Community dan berbagi informasi apa saja (informasi yang berguna tentunya), buat yang belum tahu UG Community wajib gabung deh, nggak akan sia-sia karena banyak informasi yang akan di dapat disini. Maju Terus Universitas Gunadarma! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar