Kamis, 31 Maret 2011

[SHARE] Memperbesar Resolusi Netbook!!

Hai, ketemu lagi ^^ kali ini saya ingin share tentang tips untuk memperbesar resolusi netbook, seperti kita ketahui bahwa netbook merupakan 'notebook mini' yang hanya punya layar 10" dan resolusi maksimal yang ditawarkan hanya 1024x600, saya sendiri punya netbook MSI Wind U100 tahun 2008 (masih awet loh :p), suatu hari saya ingin menjalankan software yaitu Adobe Premiere Pro buat iseng-iseng editing video, eh pas diinstall ternyata resolusi gak support, harus 1024x768 =.= yahh gak bisa diinstall, sempet putus asa juga tapi setelah itu dengan niat baja akhirnya mutusin untuk ubek-ubek mbah google ^^ dan nemu driver yang bisa memperbesar resolusi netbook.
Driver ini bisa digunakan di semua Netbook berprocessor Intel Atom, tapi baru di tes di MSI Wind U100 ane.. dan setelah install driver ini resolusi netbook bisa ditambah, nggak tanggung-tanggung bisa sampe 1152x864! resolusi yang tergolong sangat tinggi bagi sebuah netbook, namun resolusi ini mempunyai kelemahan juga, tampilan layar jadi terkesan agak gepeng karena resolusi 1152x864 mempunyai ratio 4:3 sedangkan layar 10" netbook mempunyai ratio 16:9 (Widescreen), selain itu kelemahannya adalah kinerja VGA semakin berat, namun bagi saya ini cukup bisa diterima (yang penting dapet resolusi tinggi :p).

bagi yang ingin download silahkan disini:
http://www.indowebster.com/internal_vga_intel_8.15.10.1912.html uploaded by me :)


setelah download dan di extract, buka setup.exe dan ikuti instruksi instalasi selanjutnya, setelah di restart, cek setting VGA anda dan pasti resolusi yang lebih tinggi akan anda dapatkan.


berikut sekilas Screenshot MSI Wind U100 saya:
pada resolusi 1024x600:


setelah diinstall driver diatas, diubah menjadi 1152x864:


Sekian dan Semoga Bermanfaat..
Sharing is Caring :)

UPDATE:
Khusus buat Netbook yang menggunakan Windows 7 tidak harus menginstall driver diatas, melainkan dapat mengubah registry dengan cara sebagai berikut:
1. klik start, pilih run / Win+R
2. ketik regedit dan tekan enter
3. tekan F3 untuk melakukan pencarian string, isikan DownScalingSupported dan tekan enter
4. apabila pencarian berhenti dan ditemukan string DownScalingSupported yang masih bernilai 0, maka tekan enter dan ubah nilainya menjadi 1, lanjutkan dengan menekan kembali F3 sampai pencarian habis.
5. restart netbook.
6. biasanya resolusi akan otomatis berganti menjadi 1024x768 namun di graphic properties akan ada resolusi lebih besar lagi yaitu 1152x864.

perhatian: mengubah registry harus dilakukan dengan hati-hati karena jika terjadi kesalahan maka akan berdampak fatal pada sistem operasi anda, jadi perhatikan baik-baik instruksi yang saya berikan!

5 komentar:

  1. maaf bro, mau tanya ini. kemaren saya udah download file yang sama di sebuah tempat di google. tapi pas mau ane install kenapa ada tulisan
    "this computer does not meet the minimum requirement for installing software"
    bisa bantu dicerahkan bro?
    punya ane Acer aspire one happy
    pakai windows 8

    BalasHapus
  2. mantap...ane coba yang mengubah registry, berhasil di netbook ane gan
    makasih atas infonya

    BalasHapus
  3. works di lenovo s10-3
    makasih bgt infonya :D

    BalasHapus
  4. masalah ane sama kayak 'bukan Iza_dhe'. Habis diinstal, pas dijalanin setup.exe nya ada peringatan "this computer does not meet the minimum requirement for installing software". Itu gimana gan??

    BalasHapus
  5. buat yang punya masalah di netbook Aspire One Happy sama si tulisan "this computer does not meet the minimum requirement for installing software" coba download driver intel GMA 3150

    BalasHapus