Kamis, 31 Maret 2011

Tujuan Pembelajaran Ilmu Budaya Dasar di Lingkungan Kampus


Secara umum tujuan dari pembelajaran Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran mahasiswa serta kemampuan kritikalnya mahasiswa terhadap nilai budaya, baik menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Ilmu budaya dasar juga merupakan ilmu untuk mengenali perilaku sendiri dan orang lain. 

Tujuan lain dari Ilmu Budaya Dasar adalah supaya membuat mahasiswa yang mempelajarinya (khususnya) mampu bersikap luwes setelah mengetahui jiwa dan perasaan manusia. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam. Memiliki penglihatan yang jelas Dan pemikiran yang mendasar serta mampu menghargai budaya di sekitarnya dan ikut serta mengembangakan budaya bangsa. Supaya tidak terjatuh kepada sifat kedaerahan jika menjadi seorang pemimpin. Dan yang terakhir adalah sebagai jembatan para saran yang berbeda yang mampu berdialog dengan baik.

Secara spesifik tujuan pembelajarannya di lingkungan kampus adalah agar mahasiswa dapat menjalani proses sosialisasi di lingkungan kampus dengan lebih baik, jadi mahasiswa dapat saling mempelajari dan menghormati perbedaan kebudayaan di kampus karena mahasiswa lain berasal dari daerah yang berbeda begitupun dengan budaya yang dibawanya, menjunjung tinggi kebudayaan mahasiswa lain di lingkungan kampus merupakan hal yang wajib, oleh karena itu pembelajaran Ilmu Budaya Dasar sangat diperlukan untuk diterapkan di lingkungan kampus.


Referensi:
http://zulfikararticle.blogspot.com/2011/02/tujuan-ilmu-budaya-dasar-dan-definisi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar